Jumat, 13 Maret 2015

Cara Membuat Partisi Swap

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas tentang manfaat Virtual Memori (Swap). Walaupun swap bukanlah solusi untuk mempercepat kinerja android, namun swap dapat dimanfaatkan agar aplikasi yang memerlukan RAM yang lebih besar dapat berjalan, dengan konsekuensi penurunan kecepatan ketika menjalankan aplikasi lainnya bahkan dapat menyebabkan hang atau sistem tidak respon dalam waktu yang lama.

Ada beberapa metode dalam menggunakan swap, cara yang paling sederhana adalah menggunakan file dengan nama atau extensi swap, ada pula yang menggunakan seluruh media penyimpanan external yang telah di format dengan tipe partisi swap, tanpa menyisakan ruang untuk penyimpanan data.

Selain kedua cara yang disebutkan di atas, salah satu bentuk penggunaan swap yaitu dengan membagi media penyimpanan external menjadi dua partisi atau lebih. Tujuan membagi media penyimpanan menjadi beberapa bagian, agar ruang penyimpanan (partisi) yang tidak digunakan sebagai swap, dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data aplikasi, sehingga proses pertukaran data swap dan data dapat lebih optimal.

Untuk membagi partisi menjadi beberapa bagian, dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Android Partition Tool atau Aparted, yang dapat diunduh dari Google Playstore. Setelah memasang aplikasinya, ikuti langkah berikut ini untuk membuat partisi :

  1. Pastikan data penting yang ada pada sdcard telah di backup 
  2. Syarat pertama untuk dapat menggunakan Aparted yaitu perangkat android harus dalam status root. (Silahkan cari di google tentang cara root sesuai jenis dan tipe perangkat android yang digunakan) 
  3. Aparted memerlukan aplikasi Busybox, unduh dan install aplikasinya di Google Playstore.
  4. Syarat terakhir agar Aparted dapat digunakan yaitu, pastikan sdcard telah diunmount (tergantung jenis kernel, beberapa sistem kernel dapat melakukan partisi tanpa unmount manual) 
  5. Pada menu aplikasi, pilih create
  6. Kemudian pilih tambah partisi, gunakan tombol plus berwarna hijau.
  7. Berikut konfigurasi untuk membuat sebuah partisi swap, 
     


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar