Jumat, 13 Maret 2015

Tiga Aplikasi Penambah Kecepatan Android


Android telah memiliki sistem manajemen memori yang cukup baik, namun untuk perangkat android kelas menengah atau yang memiliki spesifikasi rendah, sistem android kadang mengalami penurunan kecepatan ketika telah memasang banyak aplikasi. Salah satu sebabnya adalah karena jumlah RAM tidak dapat menampung data aplikasi.


Untuk mengatasi masalah RAM, berikut tiga aplikasi yang dapat meringankan beban RAM tanpa mengurangi fitur aplikasi dan sistem android, dan tentu saja akan menambah kecapatan sistem.

1. Greenify 
Aplikasi ini dapat menambah kinerja RAM dengan cara menghentikan proses aplikasi sehingga RAM tidak terpakai seluruhnya ketika memasang banyak aplikasi. Aplikasi akan dimuat atau memakai RAM ketika sedang dijalankan, kemudian prosesnya akan dihentikan ketika tidak terpakai, sistem ini biasa disebut dengan hibernasi (tidur sementara).

2. RAM Manager
Untuk lebih mengoptimalkan penggunaan RAM, aplikasi ini memberi batasan kepada aplikasi yang memakai RAM. Dimana sebuah aplikasi akan dikurangi pemakaian RAM nya ketika tidak dioperasikan oleh pengguna. Berbeda dengan Greenify, aplikasi ini tidak menghentikan proses aplikasi lainnya melainkan hanya membatasi pemakaian RAM, sehingga tetap berjalan dengan pemakain RAM yang seminimal mungkin.

3. RAM Expander
Sesuai namanya, aplikasi ini menggunakan ruang memori SD card sebagai pengganti RAM. Walaupun kecepatannya tidak sebanding dengan RAM, namun cukup membantu ketika akan menjalankan aplikasi yang berat atau memakai banyak RAM.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ketiga aplikasi di atas dapat dijalankan secara bersamaan, dan tentunya akan semakin mendukung jika menggunakan versi donasi atau berbayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar